Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, segera membongkar kotak suara sebagai persiapan pemungutan suara Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

"Pembongkaran kotak suara rencananya akan kami lakukan mulai Senin (2/6) dan kami perkirakan selesai dalam dua hari," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Muntok, Rabu.

Ia menjelaskan, pembongkaran kotak suara ini menindaklanjuti Surat Edaran dari Sekjen KPU RI 743/SJ/V/2014 perihal Pembongkaran kotak suara untuk Persiapan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Menurut dia, pembongkaran itu dilakukan untuk mengosongkan kotak suara yang saat ini masih berisi dokumen yang kemarin digunakan dalam Pemilu Legislatif 9 April 2014.

Dalam pembongkaran berkas itu, katanya, nantinya akan dilakukan berkerja sama dengan Panwaslu, Kejaksaan dan Polres Bangka Barat.

"Rencananya kami juga akan mengundang pengurus parpol dan unsur pemerintah daerah melalui Kantor Kesbangpol setempat," kata dia.

Teknis pembongkaran, kata dia, nantinya dokumen pemilu legislatif yang ada dalam kotak akan dikeluarkan dan dimasukkan dalam kantong khusus untuk kemudian disimpan di gudang arsip KPU setempat.

Ia menambahkan, kotak suara yang akan digunakan dalam Pemilu Presiden 2014 sebanyak dua unit setiap tempat pemungutan suara (TPS), sesuai surat edaran Sekjen KPU RI.

"Jadi nanti kami akan gunakan sebanyak 758 unit kotak suara yang akan dibagikan ke 379 TPS di enam kecamatan se-Bangka Barat," kata dia.

Pilpres 2014 akan diikuti dua pasangan capres dan cawapres, yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014