Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 1.000 warga Kota Pangkalpinang yang bertempat tinggal di Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka.

Ketua KPU Kabupaten Bangka, M. Hasan di Sungailiat, Rabu, mengatakan dari adminitrasi kependudukan, 1.000 warga Kota Pangkalpinang yang tinggal di Desa Kace Timur, Kabupaten Bangka memegang KTP Kota Pangkalpinang sehingga masuk dalam daftar pemilih tetap kota itu.

"Warga yang memegang KTP Kota Pangkalpinang diharapkan dapat menyampaikan hak pilihnya sesuai di dalam daftar pemilih," katanya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi di daerah itu termasuk di daerah desa terjauh di Kecamatan Mendo Barat seperti di Desa Kota Kapur.

"Warga kota Pangkalpinang yang bertempat tinggal di Desa Kace Timur sebagian warga yang sengaja kontrak rumah dengan berbagai aktivitas kegiatan," jelasnya.

Ia mengatakan, di Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat yang berbatasan dengan salah satu desa administrasi Kota Pangkalpinang, ditempatkan delapan tempat pemungutan suara (TPS) disebar disejumlah dusun.

Sementara Kapolsek Mendo Barat, AKP M.Achwan Abdillah mengatakan, meskipun Desa Kace Timur banyak warga dari Kota Pangkalpinang, namun kondisi lingkungan desa cukup kondusif.

"Khusus kondisi wilayah di Desa Kace Timur cukup kondusif, meskipun diketahui banyak warga pendatang yang tinggal di desa itu," katanya.

Teknis pengamanan pemilu di Desa Kace Timur kata dia, akan menerapkan pola dua, dua, empat yaitu, dua anggota polisi ditambah empat anggota Linmas untuk menjaga empat TPS. 

"Selain di Desa Kace Timur, kami juga akan menerapkan pola pengamanan dua, dua, empat di Desa Kota Kapur karena jarak tempuh dari wilayah kerja kesatuan Polri agak jauh atau memakan waktu satu sampai dua jam jarak tempuh," jelasnya.

Dia mengatakan, guna mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu serentak 2019, pihaknya terus melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat baik melalui kegiatan pengajian di masjid maupun kegiatan umum lainnya.

"Saya mengajak seluruh masyarakat di Kecamatan Mendo Barat, agar turut menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019 dengan tertib, aman dan damai," katanya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019