Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan, kartu asuransi menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi nelayan kecil di daerah itu.

"Program asuransi nelayan jelas memberikan perlindungan kepada nelayan kecil dalam menjalankan rutinitas menangkap ikan di laut," ujarnya di Koba, Selasa.

Hal itu dikemukakan Ibnu Saleh menyikapi Hari Nelayan Nasional ke-59 yang jatuh pada 6 April 2019 yang merupakan momentum kebangkitan nelayan untuk keluar dari kesulitan ekonomi.

"Nelayan selama melaut dihadapkan pada risiko yang sangat tinggi, sementara anak dan istri menunggu dalam keadaan khawatir di rumah," ujarnya.

Justeru itu, kata dia, kartu asuransi ini memberikan ketenangan kepada nelayan dan keluarganya di rumah selama melakukan penangkapan ikan di laut.

"Selain kartu asuransi nelayan, kami juga selalu mengingatkan kepada nelayan untuk memperhatikan keamanan selama melaut," ujarnya.

Ia mengingatkan para nelayan untuk melengkapi alat kelengkapan selama melaut, di antaranya pelampung dan peralatan lainnya untuk keselamatan jiwa.

"Apalagi cuaca di laut sekarang ini tidak menentu, karena itu para nelayan diharapkan selalu waspada dan lebih hati-hati selama melaut," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019