Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengelar kegiatan fasilitasi Bazar Sembako Murah Tahun 2019 untuk wilayah Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Senin (13/5) di Simpang Lima Kota Toboali.

Kasi Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Disperindag Babel, Rosy Handayani di Toboali, Selasa mengatakan kegiatan ini dilakukan sebanyak 46 kali di setiap provinsi, terdiri kabupaten/kota di Provinsi Babel.

"Sedangkan untuk Basel sendiri diperkirakan akan diadakan kegiatan serupa 4 sampai 6 kali dalam setahun. Beberapa bahan pokok yang dijual dalam kegiatan itu diantaranya seperti beras, minyak goreng, gula bawang merah, bawang putih, cabai, dan lain sebagainya," katanya.

Rosy menjelaskan kegiatan tersebut digelar sebagai sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang murah.

Masyarakat bisa membeli bahan pokok dengan harga yang murah, kemudian ditempat lain juga para penjual dan distributor juga bisa menjaga harga.

"Jadi inflasi kita bisa terjaga. Apabila dari kabupaten mengajukan bazar murah, kami siap memfasilitasi tempat dan distributor. Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini terdapat juga pos layanan pengaduan dan informasi konsumen yang diberikan oleh Disperindag Babel," katanya.

Ia mengatakan pos layanan pengaduan dan informasi tadi dibuka mengenai peraturan perundang-undangan, kebijakan dibidang perlindungan konsumen, serta hal dan kewajiban konsumen.

"Selain itu juga menjadi tanggung jawab pelaku usaha, kelembagaan perlindungan konsumen, pengetahuan mengenai barang dan atau jasa, maupun informasi lain terkait aspek perlindungan konsumen," katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019