PT Timah Tbk memfasilitasi pemasaran produk kerajinan khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke pasar nasional dan internasional, sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan usaha kecil menengah di daerah penghasil bijih timah nomor dua terbesar dunia itu.

"Alhamdulillah saat ini kerajinan anyaman khas Bangka Tengah mendapatkan pesanan dari pengusaha Kalimantan Selatan dalam jumlah cukup banyak," kata Kepala Bidang Kemitraan PT Timah Tbk, Erwan Sudarto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan fasilitas pemasaran produk kerajinan khas Babel diantaranya anyaman kopiah resam, tenun cual, pewter, akar bahar, batu satam dan produk makanan lainnya dilakukan melalui kegiatan pameran, workshop, seminar dan lainnya ditingkat nasional serta internasional.

"Kita hanya memfasilitasi saja, sementara dalam mengorder kita menyerahkan sepenuhnya kepada perajin, karena itu hubungan bisnis antara mitra binaan dengan investor," katanya.

Menurut dia kerajinan khas Babel ini unik, memiliki daya tarik tersendiri bercirikan khas daerah kepulauan, sehingga cukup diminati investor nasional dan internasional.

"Kita hanya memberikan saran dan masukan agar kerajinan khas daerah ini lebih menarik dengan harga terjangkau," katanya.

Ia berharap dengan adanya upaya ini dapat meningkatkan kemandirian pelaku usaha dalam mengembangkan usaha yang berdaya saing di pasar global.

"Ini sangat penting, mengingat sumber daya manusia perajin dalam mempromosikan dan memasarkan produk kerajinannya masih kurang karena mereka masih menggunakan cara tradisional dalam memproduksi dan menjual kerajinannya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019