Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap menghadapi arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah yang diperkirakan mengalami peningkatan.

"Kami akan menyiapkan posko angkutan lebaran di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Pandan dan posko gabungan di pelabuhan Tanjung RU," kata Kepala KSOP Tanjung Pandan, Afriyon Putra di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, pada musim mudik tahun ini diperkirakan jumlah penumpang kapal laut di daerah itu meningkat, dikarenakan harga tiket pesawat masih tinggi.

"Disinyalir memang ada peningkatan dan lonjakan penumpang diperikaran terjadi pada H - 3 lebaran. Sekarang arus penumpang masih dibawah normal," ujarnya.

Dikatakannya, sejauh ini jadwal keberangkatan kapal di daerah itu masih seperti biasa, belum ada perubahan maupun penambahan guna melayani arus mudik lebaran tahun ini.

"Jadwal keberangkatan kapal Ro-Ro masih seperti biasa. Sedangkan untuk rute kapal Pelni ke Tanjung Pandan sudah beralih ke tempat lain sehingga masuk kembali di bulan Juli," katanya.

Sedangkan untuk prakiraan cuaca pelayaran, kata dia, pada musim mudik tahun ini dipastikan dalam kondisi baik dan aman dilayari.

"Kami juga mengimbau tetap memperhatikan aspek keselamatan pelayaran. Selain itu kami juga akan melakukan pemeriksaan dan pengecekan," kata dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019