Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diminta memperhatikan kemasan guna menjaga kualitas produknya di pasaran.

"Menjaga kemasan sangat penting karena akan menambah daya tarik produk," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, cara pengemasan yang baik juga akan menambah nilai jual produk-produk UMKM di daerah itu dimata konsumen atau pembeli.

"Kami juga berharap beberapa pelaku UMKM untuk senantiasa berinovasi dalam mengembangkan produk-produk," ujar dia.

Pemerintah daerah, kata dia, senantiasa rutin memberikan "coaching clinic" atau pelatihan bagi pelaku UMKM baru dengan berbagai materi pelatihan agar bisa maju dan berkembang.

"Kami rutin memberikan pelatihan dan motivasi - motivasi kepada pelaku UMKM baik pelatihan kemasan dan materi lain," katanya.

Sebagian besar produk UMKM di daerah itu, kata dia, telah berhasil menembus pasar nasional bahkan internasional diantaranya berupa produk olahan perikanan dan hasil laut.

"Ada yang sudah diekspor ke berbagai negara dan di bulan Agustus ini UMKM kita akan ikut serta ajang di Malaysia," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019