Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut memeriahkan pawai budaya Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apkesi) ke-14 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Keterangan pers Pemkot Pangkalpinang yang diterima Antara di Pangkalpinang, Kamis, menyebutkan pawai budaya tersebut diikuti 98 Kota peserta Rakernas dan komunitas baik nasional maupun internasional. 

Pawai kirab budaya merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diadakan di setiap pesta budaya adat/keagamaan atau bahkan pada rapat kerja nasional seperti pada kegiatan rapat Apeksi yang dilakukan dengan cara berjalan bersama-sama beriringan dan menampilkan ciri khas budaya masing-masing daerah.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil yang ikut berpartisipasi di barisan peserta mengatakan, dalam kegiatan pawai budaya, Kota Pangkalpinang tampil mengenakan pakaian Melayu khas Pangkalpinang “Teluk Belango” dan Baju Kurung. 

"Pada pawai budaya ini kita mengenakan pakaian khas melayu dari Pangkalpinang dengan tujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luar bahwa Pangkalpinang sebagai kota Beribu Senyuman memiliki budaya dan pakaian khas sendiri," katanya.

Ia mengatakan, peserta pawai budaya Kota Pangkalpinang merupakan rombongan Kepala OPD, peserta Rakernas dan tim kesenian Kota Pangkalpinang yang sebelumnya telah tampil di Lapangan ICE Simpang Lima Semarang, binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang.

"Saya sengaja ikut dalam barisan pawai ini sebagai bentuk bentuk apresiasi kepada para peserta pawai," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019