Ikatan Keluarga Minang Bangka Belitung mengelar silaturahmi sesama perantau Sumatera Barat yang berada di Provinsi Bangka Belitung. Acara yang bertajuk Rang Minang Bangka Belitung Baralek Gadang ini akan menyuguhkan berbagai atraksi Kesenian Minangkabau dan penampilan artis terkenal asal Sumatera Barat.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Ikatan Keluarga Minang Bangka Belitung (DPW IKM Babel) Yulizarman acara ini akan diadakan di Aula Restoran Gale Gale Jl. Koba Sabtu (20/7/2019) mendatang. “Seluruh persiapan acara sudah siap dan tinggal pelaksanaan kegiatan,” katanya saat ditemui usai rapat akhir pemantapan acara di Sekretariat IKM Pangkalpinang Minggu (14/7).

Menurut Kepala SMK 2 Pangkalpinang ini yang didampingi Syafrida Kusuma Jaya selaku ketua kanitia kegiatan dan beberapa tokoh perantau Minang di Bangka Belitung, acara ini dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Pengurus Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang (DPP IKM) dan tokoh nasional asal Sumatera Barat lainnya.
"Yang pasti acara ini akan dihadiri ribuan warga Bangka Belitung yang berasal dari Sumatera Barat baik yang berada di Pangkalpinang maupun yang bermukim di seluruh kota dan daerah tingkat dua di Provinsi Bangka Belitung," jelasnya.

Atraksi kesenian Minang yang akan ditampilkan pada acara yang dimulai pukul 18.00 WIB itu diantaranya Tari Pasambahan, Tari Piring dan Tari Indang. Sementara artis Minang yang  akan tampil adalah Rayola dan Prangkie Geni. “Mereka adalah artis Minang yang lagi ngetop, makanya kita datangkan langsung dari Padang. Tujuannya adalah untuk melepas kerinduan warga perantau terhadap ,” katanya.

Kegiatan ini sebetulnya ditujukan untuk meningkatkan hubungan silaturahim warga perantau asal Sumatera Barat yang ada di Bangka Belitung. Dan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya usai Hari Raya Idul Fitri. Pada tahun tahun lalu, acara seperti ini dikemas dalam satu rangkaian acara Halal Bi Halal namun karena lebaran sudah berlalu lebih dari dua bulan maka tajuk acara diubah menjadi Gelaran Kesenian Rang Minang Baralek Gadang.

Rakerwil IKM Babel

Selain gelaran kesenian, pada kesempatan ini juga diadakan Rapat Kerja Wilayah Pertama Ikatan Keluarga Minang Bangka Belitung. Rakerwil ini nantinya akan membahas program kerja IKM Babel periode 2019 – 2024. Selain akan dihadiri Pengurus DPP IKM, peserta rakerwil terdiri dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) pengurus Ikatan Keluarga Minang Kota dan Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung. “Kita telah memiliki seluruh pimpinan daerah yang terpusat di setiap pusat pemerintahan kota dan kabupaten yang ada di Negeri Serumpun Sebalai ini," kata Yulizarman.

Terakhir warga Minang yang berada di Provinsi Bangka Belitung diharapkan hadir pada acara ini karena panitia merancang acara seperti pesta adat yang diadakan di kampung halaman.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019