Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis peserta lomba usaha kesehatan sekolah (UKS) tingkat nasional yang diikuti oleh dua sekolah di daerahnya mampu mencapai nilai tertinggi.

"Saya optimis, kedua sekolah yakni TK Amaliyah dan SMU Negeri 1 Sungailiat sebagai peserta lomba UKS tingkat nasional mampu meraih nilai tertinggi," kata Bupati seusai mengikuti kegiatan penilaian UKS di Sungailiat, Senin.

Dia mengatakan, kedua sekolah sebelumnya telah mempersiapkan segala pendukung dengan cukup maksimal dan bagus sehingga memungkinkan untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

"Sebelumnya kami sudah melakukan kunjungan di sekolah peserta lomba UKS, dan kondisi persiapannya pendukung penilaian sudah maksimal," jelasnya.
   

Bupati mengatakan, lomba UKS ini diharapkan menjadi motivasi untuk berprilaku hidup sehat di masyarakat karena sudah mendapatkan pendidikan sejak dari pendidikan dini bahkan sampai tingkat menengah.

Sementara anggota Tim Penilai UKS tingkat Provinsi, Ayi Mustofa mengakui kesulitan menentukan pemenang atau sekolah yang mendapatkan nilai tertinggi karena semua peserta dipastikan sudah baik dari segi UKS.

Dia mengatakan, penilaian UKS pada Juli dan Agustus 2019 tercatat sebanyak 94 sekolah dari tingkat pendidikan dini sampai menengah atas di 25 provinsi di Indonesia.

Menurut dia,  penilaian lomba UKS ditentukan beberapa kategori dengan penilaian tertentu seperti upaya sekolah melaksanakan kegiatan UKS, anggaran UKS, dan perilaku sehat siswa.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Bangka nyatakan siap dinilai penanganan stunting
Baca juga: Pemkab Bangka libatkan Kemenag cegah stunting (Video)

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019