Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Eti Fahrianty resmi melantik Kelompok Sadar Wisata kota setempat untuk memajukan dunia pariwisata di kota itu.

"Dengan telah dilantiknya Pokdarwis ini, diharapkan dapat membantu Pemkot dalam mengembangkan pariwisata yang ada di Pangkalpinang. Selain itu, keberadaan Pokdarwis dapat memberikan warna baru pada pariwisata kota kita," katanya di Pangkalpinang, Selasa. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata Kota Pangkalpinang, Ahmad Wahyudi mengatakan Pokdarwis merupakan organisasi yang didalamnya terdapat akademisi, pelaku usaha, komunitas yang mewakili tujuh kecamatan, pers dan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Tujuan Pokdarwis Kota Pangkalpinang ini untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di daerah untuk dijadikan sebuah alternatif baru bagi peningkatan kualitas perekonomian masyarakat," katanya.

Selain itu kata Dia, kehadiran Pokdarwis merupakan bagian dari pengembangan potensi pariwisata di daerah yang dimanfaatkan untuk menjadi destinasi wisata yang melibatkan masyarakat dan pemuda sekitar.

"Kami akan fokus membantu pemerintah daerah dalam pengembangan dan peningkatan ekonomi kreatif bagi pemerintah daerah dan masyarakat di sekitar melalui pembangunan wisata buatan dan kearifan lokal masyarakat," ujarnya.

Ia juga berharap kedepan adanya sinergisitas antara organisasi pariwisata yang ada dan meringankan beban pemerintah daerah untuk membangun dunia pariwisata di Kota Pangkalpinang.

"Semoga Pokdarwis Kota Pangkalpinang bisa memberikan kontribusi dan dampak positif bagi kemajuan pariwisata di kota Beribu Senyuman Pangkalpinang," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019