Pangkalpinang (Antara Babel) - Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dalam perolehan suara di Kecamatan Gabek, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Perolehan suara untuk pasangan Jokowi-JK sebanyak 6.291 suara dan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa 5.096 suara," ujar Ketua Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Gabek, A Toni di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, selisih suara kedua pasangan calon di Kecamatan Gabek mencapai 1.195 suara sehingga dinyatakan Jokowi unggul di daerah tersebut.

"Rekapitulasi berdasarkan enam kelurahan yang ada di Kecamatan Gabek yaitu Kelurahan Selindung, Selindung Baru, Gabek Satu, Gabek Dua, Jerambah Gantung dan Air Salemba," ujarnya.

Sementara itu, jumlah suara tidak sah sebanyak 114 lembar dan suara sah sebanyak 11.387 lembar.

"Jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih melalui daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 10.779 orang dan pengguna hak pilih dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) sebanyak 79 orang," ujarnya.

Sedangkan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih melalui daftar pemilih khusus sebanyak 96 orang dan yang menggunakan daftar pemilih khusus tambahan (DPKTB) atau yang menggunakan KTP, paspor atau identitas lain sebanyak 547 orang sehingga jumlah keseluruhan pemilih sebanyak 11.501.

Partisipasi masyarakat untuk memilih di Kecamatan Gabek hampir 65 persen dari jumlah DPT keselurahan sebanyak 17.777 mata pilih.

"Jumlah masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 6.276 orang sehingga dipastikan partisipasi masyarakat untuk memilih melebihi setengahnya yaitu 65 persen dari jumlah DPT," ujarnya.

Rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan surat suara Pemilu Presiden 2014 di Kecamatan Gabek berjalan lancar, aman dan tertib.

"Rapat pleno berjalan lancar tanpa ada keberatan dari pihak Panwascam dan saksi masing-masing pasangan calon," ujar A Toni.

Rapat pleno yang terbuka untuk umum tersebut dihadiri anggota PPK Gabek, panitia pemungut suara (PPS), Panwascam, para saksi dari dua pasangan calon presiden dan masyarakat.

"PPK juga mengucapkan rasa terima kasih kepada aparat kepolisian yang telah siaga membantu untuk mengamankan kotak suara dan berjalannya proses rekapitulasi di tingkat kecamatan," ujarnya.

Pewarta: Oleh Septi Artiana

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014