Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, periode 2019-2024 segera dilantik pada Senin 23 September 2019 mendatang.

"Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Belitung terpilih periode 2019-2024 dilaksanakan 23 September 2019. Seiring berakhirnya jabatan anggota DPRD periode sebelumnya," kata Sekretaris Dewan DPRD Kabupaten Belitung, Thohari Warsito di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengatakan, pelantikan tersebut mengacu kepada Surat Keputusan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/764/1/2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Belitung masa jabatan tahun 2019-2024.

"Kami juga akan menggelar rapat dengan pihak terkait termasuk Polres Belitung, Setda Pemkab Belitung, Dinas Perhubungan, Badan Kesbangpol untuk persiapan pelantikan ini," katanya.

Menurut dia, pada acara pelantikan nanti pihaknya mengundang perwakilan dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, serta Sekretariat DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Ia menyebutkan, dari 25 kursi anggota DPRD Belitung periode 2019-2024 terdapat sebanyak 15 wajah baru yang akan dilantik sedangkan 10 lainnya merupakan wajah lama.

Sedangkan untuk posisi kursi pimpinan DPRD Belitung akan diisi oleh partai politik yang memperoleh suara terbanyak yakni PDIP pada posisi Ketua, Golkar pada posisi Wakil Ketua satu dan Hanura pada posisi Wakil Ketua dua.

"Kami sudah mengirimkan surat ke partai politik tersebut untuk memberikan nama-nama yang akan mengisi kursi pimpinan sementara nanti," ujarnya.

Ia menilai, kinerja anggota DPRD Belitung periode 2014 - 2019 cukup produktif dalam mengesahkan Raperda menjadi Perda.

Setidaknya ada tiga Perda inisiatif yang telah disahkan oleh anggota DPRD Belitung periode 2019-2024 diantaranya Perda penyelenggaraan reklame, Perda CSR atau dana tanggung jawab sosial perusahaan dan Perda pengawasan produk halal dan higienis.

"Kinerja cukup produktif dan semua yang ditargetkan Pemerintah Daerah tercapai. Kerja sama juga berjalan bagus jadi kalau ada riak-riak kecil itu sifatnya biasa," katanya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019