Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid berharap Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menjadi pelopor untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama, khususnya di Bangka Selatan.

"FKUB inikan media berkumpulnya beragam umat beragama, untuk itu saya harap mereka dapat menjadi pelopor yang selalu tampil terdepan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama," Kata dia di Toboali, Senin.

Ia mengatakan FKUB sebagai wadah umat beragama yang berbasis pada pemuliaan nilai-nilai agama, memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam berperan serta membangun daerah.

"Saya harap rekan rekan yang tergabung dalam FKUB dapat meningkatkan koordinasi dengan semua pihak termasuk organisasi keagamaan, tokoh agama, tokoh masyarakat guna membangun persamaan persepsi," katanya.

Selain itu, ia mengatakan kerukunan antar umat beragama juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk keberlangsungan sebuah negara.

"Jika kerukunan antar umat beragama di negara ini dapat dirawat serta dijaga tentu negara akan tentram dan aman," katanya.

Menurut dia, sampai saat ini hubungan antar umat beragama di Bangka Selatan sejauh ini cukup harmonis dan semua dapat berbaur.

"Sampai saat ini hubungan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Bangka Selatan terjaga cukup harmonis sehingga tidak pernah ditemukan permasalahan yang melibatkan antar agama," katanya.

Tidak hanya itu, Wakil Bupati Bangka Selatan juga mengajak masyarakat tidak terprovokasi dengan isu isu yang akan memecah belah kerukunan yang telah terjaga selama ini.

"Saya harap masyarakat ikut bersama kami untuk menjaga persatuan antar umat beragama tetap terjalin, khususnya di Bangka Selatan," katanya.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019