Ketua TP PKK Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ekawati Justiar mengajak masyarakat Bangka Selatan baik muda maupun tua, laki2 maupun perempuan , mulai anak2 sampai orang tua agar besok pada hari rabu tanggal 2 Oktober yg merupakan Hari Batik Nasional untuk memakai batik agar warisan budaya nasional ini tetap terjaga eksistensinya.

"Batik adalah warisan budaya bangsa Indonesia, asal mulanya dari jawa, namun saat ini sudah berkembang,  sehingga hampir semua pelosok di Indonesia punya batik khas daerahnya masing-masing," kata dia.

Ia mengatakan Hari Batik Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Oktober berawal dari ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusiaan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, untuk itu pada kesempatan baik ini pihaknya mengajak masyarakat untuk menggunakan batik guna memeriahkan hari batik nasional.

"Bangka Selatan juga punya batik salah satunya batik kelumbai nanas dan saya rasa ini Hari Batik Nasional momentum yang pas untuk memperkenalkan kepada masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam perjalanan untuk menjaga eksistensi batik yang menjadi salah satu identitas bangsa diperlukan kesigapan kita untuk  mempatenkan batik Indonesia karena batik sempat dipatenkan orang lain.

"Oleh sebab itu pada kesempatan hari batik nasional besok saya mengajak masyarakat memakai batik dan memviralkan di medsos agar orang luar tau bahwa batik adalah milik Indonesia bukan milik orang luar," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019