TNI AD Kodim 0414 Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun jalan penghubung dua desa sepanjang 7,6 km guna mendukung peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Jalan yang dibangun melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 menghubungkan dua Desa yakni Desa Terong dan Desa Air Seru di Kecamatan Sijuk, Belitung sepanjang 7,6 kilometer.

"Pembukaan jalan ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu tempuh masyarakat serta meningkatkan perekonomian maysarakat di dua Desa tersebut," kata Dandim 0414 Belitung, Letkol (Inf) Indra Padang di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, pembukaan akses jalan tersebut akan meningkatkan ekonomi masyarakat guna menciptakan ketahanan nasional dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di daerah itu.

"Ini adalah sebagai upaya peningkatan infrastruktur yang berimbas pada bergeraknya sektor pertanian dan terhubungnya akses jalan dua Desa yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan TMMD Ke - 106 adalah upaya untuk mempercepat pembangunan di daerah itu.

TMMD, kata dia, memiliki sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik terdiri dari pembangunan jalan penghubung dua desa sepanjang 7,6 kilometer, pembangunan gapura satu unit, pembangunan RTLH lima unit dan pembangunan tempat tunggu satu unit.

"Sedangkan sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan seperti penyuluhan pertanian, kesehatan, KB, kamtibmas, bela negara, bintal, dan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Sementara itu, Rasyid (50) salah seorang warga Desa Terong mengaku sangat terbantu dengan dibukanya akses jalan penghubung dua Desa tersebut.

"Terutama manfaatnya adalah memangkas jarak tempuh yang biasanya memakan waktu 60 menit kini hanya 30 menit," ujarnya.

Selain itu, ia menilai dengan dibukanya akses jalan tersebut akan menambah berkembangnya wilayah tersebut sebagai kawasan baru.

Daerah itu nantinya akan cepat berkembang aliran listrik juga akan segera dibangun, katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019