Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan minat baca generasi muda yang ada di daerah itu melalui lomba bercerita dalam bahasa Inggris atau "story telling".

"Kegiatan lomba bercerita berbahasa Inggris tahun ini diikuti sebanyak 48 siswa perwakilan sekolah seluruh kabupaten," kata Kepala Bidang Layanan Kerjasama, Pengembangan Minat Baca dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Farouk Yohansyah di Mentok, Selasa.

Ia menambahkan, lomba tersebut merupakan upaya pemerintah dalam menyiapkan generasi muda kreatif, inovatif dan gemar membaca sehingga mampu menjadi pemimpin di masa depan.

Minat baca buku masyarakat masih rendah sehingga perlu berbagai terobosan agar mereka terbiasa membaca sehingga cerdas dan cepat memahami berbagai perkembangan zaman.

Lomba bercerita dalam bahasa Inggris tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah untuk meningkatkan minat baca generasi muda di daerah itu.

Dalam rangkaian kegiatan gebyar membaca tersebut, panitia menggelar berbagai lomba, seperti lomba membaca cepat, stand up comedy, duta baca, story telling, pentas seni dan lainnya.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan minat baca tulis dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap bacaan, meningkatkan kesadaran membaca," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019