Jajaran TNI-Polri memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tetap kondusif dan aman jelang Pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Ferdinand Suwarji di Toboali, Sabtu mengatakan sebanyak 200 orang personel Polres dan Polsek Jajaran disiagakan untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah setempat jelang  pelantikan presiden.

"Untuk personel setidaknya ada 200 orang yang terdiri dari Anggota Polres dan Polsek Jajaran kami siagakan," kata dia.

Ia mengatakan untuk memastikan kondusifitas kamtibmas di Bangka Selatan, Polres Bangka Selatan melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya adalah pelatihan kemampuan internal, pengamanan KPU, Bawaslu dan DPRD serta melakukan patroli gabungan secara rutin bersama dengan TNI.

"Selain itu, kami juga meningkatkan sinergisitas dengan tokoh-tokoh, Media dan mengajak masyarakat melaksanakan deklarasi damai, serta memberikan himbauan kamtibmas melalui masjid,  sekolah dan media," kata dia.

Kendati situasi Kamtibmas Kondusif, ia mengatakan pihaknya telah mendeteksi beberapa potensi gangguan Kamtibmas di Bangka Selatan, akan tetapi masih bisa diatasi.

"Potensi gangguan kamtibmas ada beberapa, namun bisa kita kelola," katanya.

Dandim 0413/BKA, Kolonel Inf Pujud Sudarmanto mengatakan untuk menjaga keamanan di wilayah Bangka Selatan pihaknya mengerahkan personel sebanyak 1 Satuan Setingkat Peleton (SST).

"Untuk menjaga keamanan wilayah Bangka Selatan kami kerahkan pers 1 SST, Namun secara keseluruhan di wilayah Kodim 0413/ Bangka kami siagakan 1 Satuan Setingkat Kompi(SSK)," kata dia.

Ia mengatakan dari hasil pantauan dan laporan dari berapa instansi tidak ada indikasi gangguan keamanan di wilayah Basel jelang Pelantikan Presiden ini.

"Kendati demikian, kami terus melakukan berbagai upaya sebagai bentuk antisipasi gangguan keamanan, diantaranya melaksanakan patroli gabungan dengan polri serta pemerintah setempat," katanya.

Tidak hanya itu, guna memastikan situasi keamanan tetap kondusif Kodim 0413/Bka juga melaksanakan komsos dengan masyarakat tentang pelaksanaan Pelantikan presiden dan wakil presiden yang merupakan pimpinan bangsa dari hasil pesta demokrasi bangsa.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019