Petani padi Desa Rias, kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Sedekah Bumi sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang berlimpah di daerah itu.

Ketua Gabungan Kelompok Petani Sepakat Jaya, Ariyanto di Toboali, Kamis mengatakan,Tradisi tersebut tidak hanya rasa syukur mereka, melainkan juga para petani memanjatkan doa agar penanaman padi selanjutnya diberikan keberkahan dan kembali sukses dalam hasil panennya kelak.

"Alhamdulillah karena keberhasilan panen raya kali ini, kita sepakat untuk mengadakan sedekah bumi sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT", imbuhnya.

Sedekah bumi yang digelar di sela - sela petak sawah itupun rutin dilakukan petani padi Desa Rias, ketika hasil panen mereka dikatakan berhasil.

"Walaupun ada yang gagal panen kurang lebih 100 hektar akibat kekeringan yang melanda pada bulan lalu, panen padi kali ini cukup memuaskan" kata dia.

Adapun beberapa ritual yang dilakukan untuk memperlengkap tradisi jawa tersebut, yakni ada ritual bakar kemenyan, doa - doa, nasi tumpeng sampai tarian kuda lumping dari kesenian jaranan Turonggo Seto.

"Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media untuk semakin mempererat silaturahmi antar warga yang ada di Desa Rias," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019