Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan meminta seluruh kepala desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama-sama mewujudkan pembangunan desa guna kepentingan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya minta antara pemerintah desa dan lembaga BPD sepakat mewujudkan pembangunan di desa sesuai dengan misi dan visinya," kata dia di Sungailiat Selasa, saat membuka bimbingan teknis penguatan kapasitas BPD.

Menurut bupati, seorang kepala desa dan anggota BPD mempunyai kesamaan dimana sama - sama dipilih langsung oleh masyarakat desa.

"Banyak potensi di wilayah desa yang membutuhkan pengelolaan yang optimal seperti sektor pertanian, perkebunan termasuk pariwisata," jelasnya.

Bupati mengatakan, kekompakan kedua lembaga di desa itu menjadi modal utama dalam rangka mewujudkan pembangunan desa.

"Kepala desa dan BPD harus kompak menjaga sinergitas serta harus mesra demi kepentingan bersama," kata bupati.

Sistem pemerintahan kata bupati, mulai dari pemerintah desa sampai pemerintah kabupaten harus maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pelayanan kepada masyarakat harus kita utamakan mulai dari pemerintah desa sampai kabupaten," ujar bupati.

Bupati mengingatkan pemerintah desa agar memperhatikan kondisi sarana ibadah masyarakat seperti masjid dan lainnya yang menjadi aset desa.

"Saya minta pemerintah desa melalui anggaran desa dapat lebih memperhatikan sarana ibadah agar nampak indah dan bersih," jelasnya.

Sesuai ketentuan, pemerintah kabupaten tidak diperbolehkan menyalurkan bantuan pemeliharaan sarana ibadah yang menjadi aset desa.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019