Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 2020 akan membangun satu unit rumah sakit pratama di Kecamatan Simpangkatis, guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Rencananya rumah sakit pratama itu dibangun pada 2020 dari APBD, sekarang lahannya sudah disiapkan seluas 10 hektare di Desa Sungkap," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, total lahan yang disediakan seluas 10 hektare namun tahap pertama pembangunannya baru di atas lahan seluas tiga hektare.

"Kami memilih lokasi di Desa Sungkap atau berdampingan dengan MAN IC Bangka Tengah, karena lebih strategis untuk melayani masyarakat di Sungaiselan dan Kecamatan Namang," ujarnya.

Ia menjelaskan, rumah sakit pratama ini merupakan rumah sakit penyangga RSUD Bangka Tengah dalam rangka memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Selama ini masyarakat yang tinggal di Kecamatan Sungaiselan, Namang dan Simpangkatis datang berobat ke RSUD namun nanti pelayanan medis sudah bisa dilakukan di rumah sakit pratama," ujarnya.

Ia mengatakan, pembangunan rumah sakit pratama memang sudah menjadi rencana sejak lama namun baru sekarang bakal terealisasi karena terkendala anggaran.

"Rumah sakit pratama ini juga memperkuat pelayanan di wilayah kecamatan yang selama ini Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan medis," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019