Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk berperan aktif mempertahankan piala Adipura yang sudah diraih dengan meningkatkan kebersihan lingkungan.

"Masyarakat mempunyai peranan penting dalam mempertahankan piala Adipura 2019 dengan cara meningkatkan kebersihan di lingkungannya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meina Lina di Sungailiat, Rabu.

Menurutnya, peranan masyarakat dalam turut andil menjaga kebersihan lingkungan menjadi penilaian tersendiri oleh tim penilai Adipura.

Dikatakan, tim penilai Adipura akan turun langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi kebersihan kota disejumlah titik yang sudah ditentukan.

"Tim penilai datang ke lapangan tanpa sepengetahuan pihak pemerintah daerah termasuk lokasi atau titik penilaian yang ditujunya," ucapnya menjelaskan.

Penilaian Adipura sekarang ini kata dia, benar-benar selektif menyesuaikan laporan yang diterimanya dengan hasil rill di lapangan.

Guna mendukung terwujudnya kota yang bersih dan tertib kata Meina Lina, pihaknya telah menyediakan ratusan tempat sampah umum dibeberapa tempat yang strategis.

"Saya minta masyarakat yang membuang sampah hendaknya pada tempat yang sudah disediakan serta mudah dijangkau oleh petugas kebersihan," ujarnya.

Dikatakan, penerapan sanksi denda atau kurungan sesuai peraturan daerah bagi pembuang sampah sembarangan diharapkan kedepannya mampu mendorong masyarakat lebih disiplin menjaga kebersihan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019