Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pemeriksaan bongkar muat barang penumpang kapal cepat di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok guna mencegah kemungkinan keluar masuk barang ilegal.

"Pemeriksaan kami lakukan guna mencegah keluar masuk berbagai barang ilegal dan kemungkinan peredaran narkoba antarpulau," kata Kepala Sapolair Polres Bangka Barat Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Jumat.

Menurut dia, pemeriksaan dilakukan secara rutin terhadap barang bawaan penumpang dan kiriman paket antarpulau yang keluar dan masuk melalui pelabuhan di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

Dilaksanakannya kegiatan ini juga bertujuan untuk menutup gerak ruang pelaku yang terkait pelanggaran maupun tindak pidana khususnya di wilayah perairan Polres Bangka Barat.

"Dalam beberapa kali pemeriksaan kami tidak menemukan adanya pelanggaran, pelabuhan ini masih cukup aman," katanya.

Selain melakukan pemeriksaan barang, personel Satpolair juga melakukan pemantauan berbagai peralatan dan perlengkapan keselamatan pelayaran di kapal tersebut.

"Seluruh kapal dalam kondisi baik dan tersedia cukup alat dan perlengkapan keselamatan penumpang, kami tidak ditemukan adanya pelanggaran pelayaran," ujarnya.

Ia berpesan agar nakoda dan para kru kapal cepat selalu mengutamakan keselamatan penumpang karena kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini.

"Kami berharap upaya ini bisa memberikan kenyamanan dan meningkatkan keamanan guna mencegah terjadinya tindak pidana berupa penyelundupan narkoba atau keluar masuknya satwa dilindungi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019