Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjamin sebanyak 18 anggota Panwascam terpilih tidak terindikasi berafiliasi dengan partai politik tertentu.

"Kami pastikan semua anggota Panwascam terpilih tidak berafiliasi dengan partai politik, kami sudah melakukann pengecekan terhadap rekam jejak mereka," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Kamis.

Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah tetapkan 18 anggota Panwascam

Hal itu dikemukakannya menyikapi terpilihnya sebanyak 18 anggota Panwascam yang ditetapkan dalam rapat pleno Bawaslu Bangka Tengah.

"Dari awal kami memang sudah berkomitmen melakukan penyeleksian terhadap Panwascam secara ketat, dalam rangka mencari penyelenggara yang benar-benar berintegritas dan memiliki komitmen yang kuat dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada 2020," ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 18 anggota Panwascam terpilih merupakan komposisi terbaik karena sudah melewati rangkaian seleksi yang sangat ketat.

"Dari 55 pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi kami seleksi untuk mencari 18 anggota Panwascam yang ditempatkan masing-masing tiga orang setiap kecamatan," ujarnya.

Mantan wartawan itu mengatakan, tugas penting Panwascam adalah mengawasi secara menyeluruh setiap tahapan Pilkada 2020.

"Jangan ada yang luput, semua tahapan diawasi secara menyeluruh terutama terkait dengan data pemilih," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019