Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi melantik langsung kepengurusan himpunan pengusaha muda Indonesia (Hipmi) daerah masa bakti 2014-2017.

"Pemerintah provinsi (Pemprov) akan mendukung program-program yang berkaitan untuk meningkatkan perekonomian di Babel," ujar Rustam di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, saat ini timah masih menjadi perekonomian dominan di kalangan masyarakat.

"Pemerintah terus berupaya untuk mengembalikan kejayaan hasil perkebunan namun mengubah manset masyarakat untuk tidak bergantung dengan timah bukan semudah membalikkan telapak tangan," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah juga terus berupaya untuk mendorong investasi di Babel.

"Diharapkan Hipmi kepengurusan baru ini bisa berkiprah sesuai dengan program strategis yang dicanangkan," ujarnya.

Ketua Umum Hipmi Babel Redy zadira menegaskan siap membantu pemprov untuk memperkuat program kewirausahaan serta membantu mempromosikan Babel kepada mitra bisnis.

"Hipmi Babel juga aktif memberikan pelatihan kepada para pemuda yang baru mulai menjalankan usaha dengan menggandeng mitra dari negara lain agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri terkait dengan pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean (MEA) 2015," katanya.

Selain itu, sambungnya, Hipmi Babel akan memperkuat program pelatihan wirausaha muda dan mendorong mengelola kekayaan alam dengan baik tanpa harus merusak aset daerah.

"Kekayaan alam di Babel berlimpah namun masyarakat belum paham memanfaatkannya secara maksimal sehingga hal demikian menjadi tanggung jawab Hipmi untuk dikelola demi kesejahteraan," ujarnya.

Pewarta: Oleh Septi Artiana

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014