Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memokuskan program percepatan pelayanan masyarakat dengan sistem terpadu antarlembaga.

"Pelayanan masyarakat oleh masing-masing lembaga pemerintah daerah dari tingkat bawah sampai atas menjadi perhatian serius yang perlu ditingkatkan," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Pihaknya menekankan agar semua perangkat daerah dari tingkat desa sampai kabupaten untuk saling berkoordinasi sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan maksimal.

Peningkatan pelayanan masyarakat sesuai program dim organisasi daerah menjadi rencana utama awal Pemerintah Kabupaten Bangka tahun 2020.

"Pelayanan masyarakat dapat dilakukan mulai dari rencana program kerja yang mengedepankan kepentingan masyarakat umum seperti, pendidikan, kesehatan mau pun masalah kesejahteraan lainnya," ujar bupati.

Selain meningkatkan pelayanan masyarakat, kata bupati, prioritas lain yang dilakukan oleh masing-masing OPD adalah mampu mengembangkan inovasi pembangunan.

"Saya minta semua OPD mampu melakukan inovasi pembangunan yang terarah dan berkelanjutan seperti dalam penyusunan program kerja pada sektor pertanian, pariwisata, perkebunan dan sektor lain," katanya.

Bupati mengingatkan, bahwa tantangan kedepan semakin berat terutama menyerap anggaran dari pemerintah pusat yang benar-benar diperuntukkan sesuai kebutuhan daerah.

Bagi pemerintah desa hendaknya pula harus mulai bangkit mengembangkan potensi desanya guna kepentingan masyarakat desa.

"Tidak tepat pemerintah desa hanya mengandalkan dana bantuan transfer dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020