Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah penumpang kapal laut antarpulau di sejumlah pelabuhan pada November 2019 mencapai 26,01 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

"Penumpang kapal meningkat, karena pada November 2019 masyarakat mulai melakukan mudik Natal dan Tahun Baru 2020," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan sebanyak 26,01 ribu orang penumpang angkutan laut antarpulau tersebut dengan rincian penumpang yang berangkat dari Provinsi Kepulauan
Bangka Belitung 13,97 ribu orang, naik sebesar 0,01 persen dibanding Oktober 2019.

Jumlah penumpang angkutan laut yang datang pada November 2019 tercatat sebanyak 12,04 ribu orang. Jumlah tersebut naik sebesar 0,01 persen dibanding bulan sebelumnya.

"Berdasarkan data menunjukkan bahwa tiga kategori pelabuhan mengalami peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dibanding bulan sebelumnya. Persentase peningkatan jumlah penumpang berangkat terbesar terjadi pada Pelabuhan Sadai yang mencapai lebih dari dua kali lipat," ujarnya.

Kemudian disusul oleh Pelabuhan Tanjung Kalian dan Pelabuhan Tanjungpandan masing-masing naik sebesar 17,49 persen dan 7,74 persen. Sedangkan jumlah penumpang berangkat pada Pelabuhan Pangkalbalam turun 25,47 persen dan tidak terjadi perubahan jumlah penumpang berangkat pada Pelabuhan Belinyu.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-November2018), secara kumulatif jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh pelabuhan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat naik sebesar 40,59 persen," katanya.

Menurut dia kedatangan penumpang angkutan laut, pada November 2019 penumpang yang datang tercatat sebanyak 12,04 ribu orang. Jumlah tersebut naik sebesar 0,01 persen dibanding bulan sebelumnya.

Dari lima kategori pelabuhan tercatat bahwa empat pelabuhan mengalami peningkatan jumlah penumpang yang datang, yaitu Pelabuhan Tanjung Kalian, Pelabuhan Belinyu, dan Pelabuhan Tanjungpandan masing-masing naik 30,57 persen, 7,46 persen, dan 2,13 persen. Sedangkan Pelabuhan Pangkalbalam mengalami penurunan 28,20 persen.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-November 2018) kedatangan penumpang di seluruh pelabuhan tercatat mengalami kenaikan sebesar 24,09 persen," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020