Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengingatkan seluruh masyarakat di wilayahnya untuk memperhatikan saluran air dari tumpukan sampah untuk mencegah terjadinya banjir.

"Saya ingatkan masyarakat terutama yang tinggal di dekat sungai atau aliran air agar benar-benar memperhatikan kebersihan saluran air tersebut dari tumpukan sampah," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Menurut dia, tumpukan sampah di aliran air menjadi salah satu terjadinya banjir karena air tidak dapat mengalir cukup lancar kebagian hilir, terlebih saat musim penghujan.

"Tingginya curah hujan perlu diwaspadai bagi masyarakat di daerah rawan banjir untuk memperhatikan kebersihan lingkungan," ungkap bupati.

Ia menyebutkan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan memantau di sejumlah daerah yang rawan banjir agar dilakukan upaya pencegahan.

Bupati mengatakan, selain membentuk lembaga penanggulangan bencana pihaknya telah membangun berbagai infrastruktur di kawasan rawan banjir seperti pembangunan talud seperti di lingkungan Parit Pekir.

"Saya minta masyarakat untuk segera melapor ke pihak desa atau kelurahan jika terjadi banjir atau bencana alam lainnya agar segera mendapat pertolongan," ujar bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020