Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggalakkan program penghijauan guna menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memberikan wawasan manfaat menanam pohon kepada masyarakat.

"Jenis pohon yang kami tanam dalam program penghijauan ini seluruhnya merupakan aneka tanaman buah. Kami berharap ke depan bisa dimanfaatkan hasil buahnya," kata Kapolres Bangka barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Jumat.

Menurut dia, program penghijauan dengan melakukan penanaman berbagai jenis tanaman buah, antara lain bibit durian, manggis, mangga, jambu, alpokat dan rambutan tersebut akan terus dilakukan.

"Kegiatan itu juga untuk mendukung program Polri dalam peningkatan kepedulian dalam pelestarian lingkungan," ujarnya.

Ia mengharapkan pola penanaman pohon tidak hanya sebatas sebagai tanaman perindang, namun juga membawa manfaat bagi masyarakat.

Berbagai tanaman buah yang sudah ditanam dalam kurun waktu dua minggu terakhir oleh personel Polres Bangka Barat diharapkan ke depan bisa dimanfaatkan hasil buahnya.

"Program pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di lahan kosong ini merupakan salah satu bentuk dukungan program yang sudah dicanangkan Kapolri," katanya.

Melalui kegiatan itu diharapkan instansi pemerintah, perusahaan, kelompok masyarakat, organisasi dan warga juga ikut bergerak bersama-sama agar lingkungan di daerah itu semakin lestari dan bisa dimanfaatkan.

"Kami berharap masyarakat juga memiliki kepedulian menjaga lingkungan, penghijauan ini akan sangat bermanfaat beberapa tahun ke depan, selain bisa dipanen buahnya juga bisa sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya berbagai bencana," katanya.

Sejumlah bibit pohon yang sudah disiapkan, selain untuk ditanam di sekitar Mapolres Bangka Barat juga dibagikan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020