Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran Rp50,5 miliar untuk pengaspalan jalan sepanjang 31,7 kilometer yang tersebar pada beberapa titik.

"Total 31,7 kilometer jalan yang akan diaspal tersebut terbagi dari peningkatan jalan sepanjang 19,8 kilometer dan pemeliharaan berkala sepanjang 11,9 kilometer," kata Kepala Bidang Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan Bangka Tengah Yusuf Khoiruddin di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan untuk peningkatan jalan sepanjang 19,8 kilometer disiapkan anggaran senilai Rp31 miliar, untuk pemeliharaan berkala jalan sepanjang 11,9 kilometer dengan nilai anggaran sebesar Rp19, 5 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Bangka Tengah dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Dana tersebut disiapkan untuk pengerjaan pada 2020 pos APBD induk dan ada kemungkinan ditambah dalam ABT tergantung dengan situasi dan kondisi," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah bangun jembatan penghubung Dusun Panang senilai Rp1 miliar

Ia mengatakan pengerjaan pengaspalan jalan tersebut tentu melibatkan pihak ketiga sebagai kontraktor atau pemborong untuk menyelesaikan proyek tersebut.

"Tentu ini pengerjaannya diserahkan kepada pihak ketiga yang memiliki kompetensi di bidangnya sehingga pengerjaan sesuai dengan spesifikasi yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan pada 2020 dinas terkait masih tetap memprioritaskan peningkatan jalan dan pemeliharaan untuk kelancaran akses hingga ke pelosok desa.

"Akses jalan tetap menjadi fokus pada 2020, dengan harapan akses transportasi tidak terhambat hingga ke pelosok desa," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020