SMKN 4 Pelayaran Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar Basic Safety Training (BST) untuk wilayah se-Sumatera, guna meningkatkan keahlian dan keterampilan siswa yang siap bekerja di perusahaan nasional serta internasional.

"Mudah-mudahan pada Agustus tahun ini, kita menggelar BST untuk wilayah se-Sumatera," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pelatihan BST ini yang baru pertama dilakukan di SMKN 4 Pelayaran Pangkalpinang, merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam memberdayakan masyarakat khususnya lulusan sekolah kejuruan pelayaran di negeri serumpun sebalai itu.

"Pada awal Agustus tahun ini pendaftaran BST ini dibuka, sehingga siswa dan lulusan SMK pelayaran dapat mengikuti pelatihan keterampilan melaut itu," ujarnya.

Baca juga: Lulusan SMKN 4 Pelayaran Pangkalpinang ikuti tes di kapal cumi China

Menurut dia BST ini untuk melatih para siswa dan mengupdate lulusan sekolah kejuruan pelayaran untuk mendapatkan sertifikat keahlian pelaut ini.

"Sertifikat BST ini penting bagi seorang pelaut, karena dia tidak bisa melaut jika tidak memiliki sertifikat ini," katanya.

Kepala SMKN 4 Pelayaran Kota Pangkalpinang, Zulkifli mengatakan pendaftaran BST akan dibuka awal Agustus 2020, sehingga diharapkan lulusan SMK Pelayaran di Bangka Belitung untuk mengikuti program tersebut.

"Sertifikat ini merupakan persyaratan utama untuk melamar pekerjaan di perusahaan pelayaran. Oleh karena itu, diimbau seluruh tamatan sekolah kejuruan pelayaran, kelautan dan perikanan untuk mengikuti pelatihan BST ini," katanya. 

Baca juga: Gubernur Bangka Belitung tinjau dermaga kapal latih SMKN 4 Pelayaran
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020