Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis tim terpadu penanggulangan bencana di daerahnya dapat berjalan optimal melaksanakan tugas pelayaan masyarakat.

"Saya optimis tim terpadu dapat bekerja sesuai yang diharapkan meskipun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai lembaga koordinator baru terbentuk," katanya di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan, setelah institusi BPBD resmi dibentuk langsung menggelar rapat koordinasi pembentukan tim terpadu dengan melibatkan sejumlah unsur terkait mulai dari TNI, Polri dan sejumlah instansi dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Saya minta agar dalam tim ini dapat saling berkoordinasi sampai ke tingkat bawah karena penanganan dan pencegahan becana harus dilakukan bersama-sama," kata bupati.

Bupati menekankan bahwa masyarakat memiliki peranan utama dalam hal pencegahan penanggulangan bencana terutama masalah banjir seperti dengan memperhatikan kondisi lingkungan tetap bersih.

"Saya ingatkan bagi masyarakat yang berada di kawasan bantaran sungai, untuk menjaga aliran sungai agar tetap bersih, jangan membiarkan sampah menumpuk di saluran air itu," jelasnya.

Meskipun bencana alam datangnya tidak diketahui oleh masyarakat namun, kata bupati, dapat dilakukan pencegahan dengan menjaga kelestarian alam dari segala kerusakan.

"Menjaga kelestarian alam tidak hanya bermanfaat dalam pencegahan bencana, namun memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan generasi akan datang," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020