Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus konsisten melakukan percepatan pembangunan dan pengembangan pariwisata di Babel, dengan mempersiapkan rancangan grand design calender event Babel 2021.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Bangka Belitung. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan event yang berkualitas dan berstandar nasional serta internasional," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Babel, Yanuar, di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, penyelenggaraan event di Bangka Belitung perlu sinergisitas antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota. Untuk itu, terdapat dua aspek yang perlu diperhatikan. 

"Kedua aspek tersebut meliputi kualitas event dan media promosi yang digunakan. Untuk sasarannya jelas, bahwa wisatawan harus nyaman saat mengunjungi Bangka Belitung," ujarnya.

Pemerintah memiliki target untuk meningkatkan jumlah wisatawan nusantara dan mancanegara untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Babel melalui peningkatan pendapatan di sektor pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai menambahkan, kegiatan ini merupakan inisiasi Gubernur Erzaldi Rosman dalam menyongsong Visit Babel 2021. 

"Penyelenggaraan event-event untuk tahun 2021 mendatang, harus dikemas dengan baik dan waktu penyelenggaraanya sudah fix di bulan Juni tahun 2020, sehingga seluruh event tersebut dapat dituangkan dalam grand design calender event Bangka Belitung tahun 2021," ujarnya. 

Seluruh OPD sudah dapat menginventarisasi seluruh kegiatan yang akan digelar tahun 2021 mendatang. Tujuannya, agar dapat mengakomodasi penganggaran serta publikasi secara masif.

Terkait kemasan kegiatan dan media publikasi, jika kemasan event pariwisata yang ditawarkan menarik, unik dan spesifik, maka akan banyak wisatawan yang berkunjung. 

"Selain itu, kita juga menekankan bahwa publikasi pariwisata Babel perlu dilakukan secara masif melalui berbagai media," ujarnya. 

Adapun hasil rapat koordinasi tersebut meliputi  tiga tambahan event yakni Beach Game, Tour de Karimata, dan Rakornas PKK. Event tersebut merupakan tambahan dari event yang sudah tercantum di calender event Babel tahun 2020. 

"Hasil rapat ini akan dijadikan agenda untuk pembahasan dalam Rapat Koordinasi Gubernur yang akan diselenggarakan mulai besok Selasa (21/1) sampai  Kamis (23/1) mendatang," ujar Rivai.

Pada kesempatan ini, narasumber kegiatan rakor, Wahyu Hidayat beserta tim juga menyampaikan beberapa rancangan design event yang akan diselenggarakan di Bangka Belitung. 

Ada beberapa rencana event yang akan digelar di Bangka Belitung, yakni Moon Festival Bangka Belitung dan The Biggest Night Market in Bangka Belitung with Special Performance. 

"Event-event yang ada di setiap OPD nantinya dapat kita kolaborasikan dalam event-event besar tersebut," ujarnya.

Event pariwisata di Bangka akan dikemas dengan melibatkan peran serta seluruh OPD dari kabupaten dan kota di Babel. Terkait media publikasi yang digunakan, dapat menggunakan platform media digital karena dapat menjangkau secara luas. 

Dalam rapat koordinasi tersebut, beberapa OPD sudah dapat menginventarisasi kegiatan yang akan digelar di tahun 2021 mendatang, salah satunya Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel.

Melalui Kabid Pemberdayaan dan Olahraga, Ferdian H menyampaikan bahwa Dispora Babel akan menyelenggarakan Tour de Karimata yang merupakan salah satu rencana event pariwisata yang dilakukan pada tahun 2021 mendatang di Babel. 

"Event tersebut merupakan salah satu event sport tourism menggunakan sepeda yang akan melewati jalur-jalur wisata di Bangka Belitung dan akan dibagi dalam 5 etape," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020