Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

"Berbagai persiapan sudah dilakukan, kami juga sudah berkoordinasi dengan penyelenggara dan pengawas untuk menyukseskan perhelatan Pilkada 2020," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Jumat.

Selain persiapan internal dan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu kabupaten setempat, pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa kegiatan dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif selama pilkada berlangsung.

Ia mengatakan, deklarasi pemilu damai akan digelar sebagai komitmen bersama antara partai politik, penyelenggara, pengawas, pemerintah daerah, dan masyarakat yang diwakili tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Nanti akan kami gelar deklarasi damai yang melibatkan seluruh lapisan, menjelang pelaksanaan Pilkada 2020," ujarnya.

Baca juga: Polres Bangka Barat bantu jaket keselamatan kepada kelompok nelayan

Dengan adanya kerja sama antarinstansi dan lembaga penyelenggara, pengawas dan peserta diharapkan akan mampu menekan risiko terjadinya kerawanan guna menciptakan situasi pilkada yang aman damai dan sejuk.

Ia berpesan kepada penyelenggara dan pengawas agar aktif melakukan sosialisasi sehingga masyarakat semakin sadar dan paham hak dan kewajibannya dalam setiap proses demokrasi.

Dalam proses pengamanan, pihaknya masih menunggu data pemilih dan jumlah TPS yang baku sebagai dasar pemetaan potensi kerawanan pelaksanaan pilkada.

Polres Bangka Barat juga sudah memerintahkan Satuan Reskrim untuk bergabung dengan Sentra Gakkumdu yang nantinya akan menangani kemungkinan adanya pelanggaran selama pelaksanaan Pilkada 2020.

"Dengan berbagai persiapan dan kerja sama antarlembaga serta penggencaran sosialisasi ke masyarakat, kami optimistis secara bersama-sama mampu melaksanakan Pilkada 2020 berintegritas dan berkualitas sehingga menciptakan pemimpin-pemimpin yang baik," katanya.

Baca juga: Polres Bangka Barat salurkan bantuan penderita stroke

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020