Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, hadiri Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Babel, yang sebelumnya dipimpin oleh Farid Firman, digantikan oleh Ikhwan Mulyawan.

Sertijab dilaksanakan di Mahligai Serumpun Sebalai, Rumah Dinas Gubernur Bangka Belitung, Senin (17/02).

Pengangkatan dan pemindahan ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor Kep : 20/K/SU/2020 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pejabat Struktural di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Sebagai simbolis, diserahkan Memori Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Babel Tahun 2019-2020 dari kepala perwakilan BPKP yang lama kepada kepala perwakilan BPKP yang baru.

Farid Firman selama sembilan bulan sebelumnya telah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kep. Babel, bertugas sebagai Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kepulauan Riau.

Sedangkan, Kepala Perwakilan BPKP Babel, Ikhwan Mulyawan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Prov. Nangroe Aceh Darussalam.

Dihadiri Forum Komunikasi Perangkat Daerah seperti Kapolda Prov. Kep. Babel, Kepala Kejaksaan Tinggi Prov. Kep. Babel, Perwakilan Komandan Korem 045 Gaya, dan para undangan. Agustina Arumsari, Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, hadir mewakili Kepala BPKP Pusat.

Penghargaan setinggi-tingginya disampaikan kepada Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama FMPD atas kehadiran dan kesediaannya menyaksikan sertijab disampaikan oleh Agustina Arumsari dalam sambutannya.

Disampaikannya bahwa Kantor Perwakilan BPKP merupakan mitra kerja pemda sehingga kerja sama yang telah terjalin selama ini antara Pemprov. Kep. Babel dan perwakilan BPKP serta stake holder lainnya dapat terus berjalan dengan baik.

Pada kesempatan ini, beliau juga menekankan kembali tujuh program proiritas nasional yang rercantum dalam RPJMD. Hal ini tentunya perlu didukung dengan tata kelola pemerintah yang baik, di antaranya akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah, penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) dan Aparat Pengawas Intern Pemerintahan (APIP).

Lebih lanjut, untuk mewujudkan ini, BPKP sesuai tugas dan fungsinya berkomitmen untuk terus berupaya melakukan pembinaan khususnya pada pemprov dalam mencapai target SPIP dan APIP ini dalam level tiga.

Untuk Babel sendiri, sampai saat ini terdapat dua pemda yang telah mencapai level tiga dalam penyelenggaraan SPIP dan dua inspektorat daerah yang mencapai level tiga dalam penyelenggaraan APIP.

Perwakilan BPKP Babel juga akan melaksanakan pengawasan proyek strategis nasional yang sangat penting dalam penunjang pariwisata Babel, di antaranya Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang dan Bandara HS. Hananjudin Belitung di Babel.

Selain itu juga, dorongan agar Pemprov. Kep. Babel agar sebaik-baiknya dalam penggunaan dana desa.

“Kami pun demikian, kami terus mendorong Aparatur Sipil Negara agar memiliki kinerja dan strategi yang baik dengan dibantu berikan pemahaman tentang laporan kinerja agar terus meningkat dan mendapat penilaian lebih baik kedepannya,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Erzaldi Rosman sebelumnya juga menyampaikan harapannya agar Perwakilan BPKP Prov. Kep. Babel dapat mengawal, mengawasi, membimbing, dan membina perangkat daerah agar laporan keuangan dan kinerja di Babel berjalan dengan baik.

“Penting sekali, agar nilai SAKIP kami meningkat di tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

“Kepada Pak Farid dan Ibu, selamat bertugas di tempat yang baru dan selamat datang kepada Bapak Ikhwan Mulyawan dan Ibu,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman mengakhiri sambutannya.

Acara sertijab ditutup dengan sesi foto bersama Gubernur Erzaldi Rosman, FKPD, dan bupati serta para undangan yang hadir.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020