Wakil Bupati Bangka Syahbudin meminta warga mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam upaya mengurangi sampah plastik.

"Saya mengingatkan seluruh masyarakat mulai sekarang mengurangi pemanfaatan bahan jenis plastik guna kepentingan menjaga kelestarian lingkungan," katanya di Sungailiat, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu.

"Sampah berbahan baku plastik menjadi ancaman tersendiri bagi kelestarian lingkungan karena memakan waktu cukup lama dalam proses pembusukan atau mengurai," ia menambahkan.

Pemerintah Daerah, ia mengatakan, juga mendorong warga mengelola sampah sendiri.

Wakil Bupati mengatakan pemerintah daerah mendukung upaya pemerintah pusat mengurangi sampah sebesar 30 persen dan menangani 70 persen sampah pada 2025.

Pemerintah Bangka sudah menerbitkan peraturan mengenai rencana kebijakan dan strategi daerah dalam mengelola dan menangani sampah.

"Diperlukan kesadaran dan semangat dari masyarakat dan stake holder (pemangku kepentingan) dalam mewujudkan gerakan kooperatif dalam pengelolaan dan penanganan sampah serta pengembangan manfaat dari hasil pengelolaan sampah," kata Syahbudin.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020