Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mendorong seluruh BUMDes di daerahnya mengembangkan usaha kemitraan dengan perusahaan yang lebih besar di desa tersebut.

"Pengembangan usaha kemitraan seperti menjalin kerja sama dengan perusahaan sawit, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa," katanya di Sungaliat, Senin saat menggelar bimbingan teknis aplikasi SIA BUMDes.

Dikatakan, pengembangan usaha kemitraan tersebut bukan serta merta menghilangkan kegiatan usaha koperasi yang sudah ada, namun lebih pada upaya kebersamaan dalam usaha di lembaga usaha BUMDes.

"Pengurus BUMDes juga dituntut mengetahui semua kegiatan usaha masyarakat desa, sehingga mempermudah untuk mencari peluang mengembangkan usahanya," katanya.

Bupati minta pemerintah desa dan pengelola BUMDes dapat duduk bersama, untuk merumuskan peluang usaha berkelanjutan yang dapat dikelola BUMDes.

Bupati menginginkan ke depannya, agar perusahaan swasta di daerahnya dapat bermitra dengan BUMDes, agar bersama-sama menjalankan bisnisnya tanpa saling merugikan.

"Dengan berjalannya kemitraan antara BUMDes dengan perusahaan swasta di desa, diharapkan mampu memberdayakan tenaga kerja dari masyarakat desa setempat dengan jumlah lebih banyak," kata Mulkan.

Pengembangan usaha BUMDes ke depannya diharapkan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik sebagai lembaga usaha masyarakat desa sesuai dengan misi dan visi "Bangka Setara".

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020