Bupati Bangka Barat Markus mengatakan sensus penduduk merupakan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk perencanaan pembangunan sehingga perlu didukung agar bisa dilaksanakan dengan sukses.

"Kegiatan sensus ini perlu mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat karena data yang dikumpulkan akan menjadi dasar perumusan kebijakan pembangunan supaya lebih tepat sasaran dan membawa manfaat besar untuk masyarakat," katanya  di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan sensus penduduk dalam jaringan (daring) dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dan selanjutnya akan digelar sensus secara wawancara pada 1 sampai 31 Juli 2020.

"Kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini sangat penting, peran serta masyarakat merupakan kunci keberhasilan kegiatan," katanya.

Sebagai salah satu bentuk keseriusan Pemkab Bangka Barat dalam menyukseskan kegiatan nasional itu, ditunjukkan dengan dikeluarkannya Surat Edaran Bupati Bangka Barat pada Januari 2020 tentang dukungan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang diedarkan ke seluruh OPD, kementerian/lembaga, BUMN, BUMD serta kepala desa dan lurah di daerah itu.

Ia mengajak berbagai lapisan masyarakat setempat untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020 dengan membuat terobosan strategis agar pelaksanaan di daerah itu berjalan sesuai harapan.

"Keberhasilan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 adalah tanggung jawab kita bersama," katanya.

Pada pelaksanaan sensus penduduk di daerah itu, BPS Kabupaten Bangka Barat menargetkan pada tahap sensus dalam jaringan mampu mencapai 11.373 kepala keluarga dari jumlah keseluruhan 56.861 kepala keluarga yang tersebar di enam kecamatan di daerah itu.

Sebanyak 11.373 kepala keluarga yang ditargetkan mengisi data secara daring tersebut berasal dari Kecamatan Muntok 2.945 KK, Simpangteritip 1.717 KK, Kelapa 1.926 KK, Tempilang 1.662 KK, Jebus 1.218 KK, dan Kecamatan Parittiga 1.905 KK.

"Kami berharap target pengisian data secara daring bisa terpenuhi sesuai waktu yang diberikan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020