Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar lomba bercerita bagi murid SD, untuk menumbuhkan budaya membaca.

"Kegiatan ini digelar rutin setiap tahun, tentu saja untuk menumbuhkan minat dan budaya membaca," kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Bangka Tengah, Budi Utama di Koba, Jumat.

Ia menambahkan, lomba bercerita tersebut digelar di alam terbuka yaitu objek wisata bermain Tirto Nirmolo yang diikuti sebanyak 94 peserta dari murid MIN dan SD.

"Lomba bercerita ini dapat menumbuhkan semangat berkompetisi, semangat membaca dan menularkan budaya kepada generasi muda," ujarnya.

Ia mengemukakan pemenang dalam lomba membaca tingkat kabupaten tersebut tentu saja berhak mewakili daerah untuk mengikuti lomba bercerita tingkat provinsi.

"Terlepas dari semangat berkompetisi, tujuan kami juga untuk membiasakan anak membaca karena generasi emas dan unggul itu juga harus banyak membaca," ujarnya.

Ia menjelaskan, lomba bercerita digelar di alam terbuka untuk membuat suasana berbeda dan lebih nyaman sehingga para peserta lebih bisa berkreasi dan berimprovisasi dalam bercerita.

"Ini bagian untuk meningkatkan minat membaca anak, sekaligus menambah pengetahuan dan bersahabat dengan alam serta mengenal kawasan wisata," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020