Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran Rp3,3 miliar untuk penanggulangan virus COVID-19.

"Untuk saat ini kita anggarkan Rp3,3 miliar, tentu akan terus ditambah karena saat ini sedang dilakukan pergeseran anggaran," kata Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza di Manggar, Selasa.

Ia menjelaskan, jumlah Alat Pelindung Diri (APD) di Kabupaten Belitung Timur saat ini untuk masker sebanyak 33.000 pcs, baju astronot 100 pcs, serta perlengkapan lainnya seperti sarung tangan, sepatu serta kacamata sebanyak 6.200 pcs.

"Pergeseran anggaran akan segera dilakukan, namun gelentoran awal memang Rp3,3 miliar untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya menekan penyebaran virus COVID-19 dengan memberikan imbauan serta mengeluarkan aturan bahwa warga harus jaga jarak dan tetap berada di rumah.

“Kami sudah melakukan tindakan keliling dengan melakukan pengeras suara, kegiatan belajar mengajar kita instruksikan untuk di rumah, melakukan penutupan dan pembatasan waktu bagi tempat-tempat hiburan atau tempat orang-orang berkumpul seperti Warung Kopi,” kata Yuslih.

Yuslih menambahkan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, saat ini telah melakukan penundaan semua perjalanan dinas keluar daerah, membatasi kegiatan tatap muka yang melibatkan masa.

"Kita juga terus memantau dan mengawasi para pendatang yang datang dari daerah terpapar, untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020