Empat orang di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR oleh Pusat Biomedis Kementerian Kesehatan.

"Dengan keluarnya empat hasil pasien tersebut berarti sampai saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Pulau Belitung tidak berubah tetap satu yaitu pasien 34," kata Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung dr Hendra, Sp.An di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, keempat pasien yang dinyatakan negatif tersebut adalah pasien nomor 02 laki-laki usia 31 tahun, pasien nomor 82 laki-laki usia 57 tahun, pasien nomor 138 perempuan usia 44 tahun dan pasien nomor 139 laki-laki usia 25 tahun.

Baca juga: Pemkab Belitung anggarkan Rp34,4 miliar bansos dampak COVID-19

Baca juga: Dinkes Belitung imbau masyarakat gunakan masker ketika di luar ruangan

"Kabar menggembirakan untuk pasien 02 yang sudah cukup lama kita tunggu-tunggu hasilnya pada pemeriksaan ulang pertama (swab 1) hasilnya sudah keluar dan dinyatakan negatif namun untuk pemeriksaan swab ulang kedua belum sempat kami lakukan," ujarnya.

Dia menjelaskan sedangkan pasien yang melakukan kontak erat dengan cluster 34 pasien positif COVID-19 berdasarkan hasil uji swab melalui metode PCR juga dinyatakan negatif.

"Diantaranya satu petugas kesehatan yang bertugas di ruang isolasi RSUD dengan rapid test reaktif hasil (swab 1 dan 2) didapatkan hasil negatif. Kemudian satu wanita 44 tahun (swab 1) seorang masyarakat hasil swap dengan metode PCR dengan hasil negatif dan satu laki-laki 54 tahun PDP (swab 1 dan 2) hasilnya pun negatif," katanya.

Sedangkan kondisi pasien nomor 34 yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan sedang mendapatkan perawatan di ruang isolasi rumah sakit setempat kondisinya semakin membaik.

"Pasien nomor 34 COVID-19 terkonfirmasi positif dalam kondisi terus membaik dan tadi pagi beliau sudah tidak dipasang infus semua obat-obatan sudah melalui pemberian oral atau diminum," ujarnya.

Ia menambahkan sejauh ini pihaknya sedang merawat tujuh pasien diantaranya lima PDP, satu ODP dan satu pasien COVID-19 positif di ruang isolasi B dan semua pasien yang dirawat dalam kondisi. baik dan stabil.

"Tidak ada yang sakit berat sampai membutuhkan perawatan dengan bantuan ventilator ataupun alat kedokteran canggih lainnya bahkan sebagian besar pasien sudah tidak memerlukan pemasangan infus maupun pemberian oksigen," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka catat 400 orang di PHK akibat dampak COVID-19

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020