Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau agar pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadan dilakukan di rumah guna mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

"Kami mengimbau agar melaksanakan ibadah Ramadhan di rumah saja bersama dengan keluarga inti," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, imbauan tersebut mengacu kepada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19.

"Diantaranya adalah wajib menjalankan ibadah puasa sesuai ketentuan fikih dan sahur atau berbuka puasa dilakukan secara individu bersama keluarga inti tidak perlu sahur "on the road" atau buka puasa bersama," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan shalat tarawih dan tilawah Al-quran cukup dilakukan di rumah masing-masing berdasarkan perintah Rasulullah SAW untuk menyinari rumah dengan tilawah Al-quran.

Namun, untuk pelaksanaan shalat tarawih di Masjid tidak ada larangan secara khusus apabila ada pihak yang berkeinginan menyelenggarakannya maka diwajibkan mengikuti standar dan protokol kesehatan.

"Tetapi kalau Pemerintah Daerah tetap mengacu kepada surat edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 ini," katanya.

Sedangkan untuk kegiatan pesantren kilat dilakukan melalui saluran media elektronik dan kegiatan buka puasa bersama di lembaga pemerintah, swasta dan masjid sementara ditiadakan.

"Kegiatan peringatan Nuzulul Al-Quran dalam bentuk tabligh akbar berupa kegiatan menghadirkan penceramah dalam jumlah besar ditiadakan," ujarnya.

Kemudian tidak melakukan itikaf pada 10 malam Ramadhan di  masjid atau mushala dan pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah ditiadakan.

"Jadi untuk tahun ini ibadah lebih diutamakan dengan keluarga inti jadi kita semarakkan Ramadhan dengan keluarga inti maka demi kewaspadaan ini kita semarakkanlah Ramadhan tahun ini dengan ibadah di dalam rumah," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020