Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke delapan rumah sakit untuk meningkatkan penanganan dan pencegahan COVID-19.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Pangkalpinang, Rabu, APD yang diberikan itu terdiri dari 120 kotak masker, 220 unit APD, 800 sarung tangan, dan 50 face shield yang didistribusikan untuk 7 RSUD dan RSU Provinsi.

Bantuan itu diserahkan Wakil Ketua Umum Kadin Babel Agus Ismunarno, didampingi David Liem (Komite Tetap Bidang Perbankan), Firmandyah (Komite Tetap Bidang Hukum Antarlembaga Pendidikan), Wendo Irwanto (Komite Tetap Bidang Pariwisata dan Perhotelan), Oktafianti, Ratih Wahyuningsih (Sekretaris), dan pengurus lainnya.

Menurut Ketua Umum Kadin Babel Thomas Jusman MM mengatakan, para pengusaha dan asosiasi pengusaha yang tergabung dalam Kadin sangat peduli kondisi para tenaga medis yang berjuang dalam mengobati dan mencegah COVID-19.

Karena itu, Kadin Babel berusaha untuk mengambil peran dengan membantu penyediaan berbagai alat yang dibutuhkan tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19.

"Para pengusaha sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para dokter dan para medis yang mempertaruhkan nyawa demi para pasien akibat terinfeksi virus Corona,"  kata Thomas Jusman.

Wakil Ketua Umum Kadin Babel Agus Ismunarno mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi bagi kalangan pengusaha dan sejumlah asosiasi profesi yang ikut membantu dan peduli  atas masalah yang sedang dihadapi.

Apalagi pandemi Corona tersebut diakui memberikan pengaruh yang cukup besar dalam dunia usaha.

"Namun kami yakin, dengan bergotong royong, negeri ini akan terbebas dari COVID-19 dan jaya kembali, termasuk para pengusahanya," kata Agus.

Meski bantuan yang diberikan belum sebanding dengan tingkat kebutuhan, apalagi dengan tingkat pengorbanan dan tantangan yang dihadapi, namun diharapkan bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan semangat para tenaga medis.

Direktur RSUD Depati Hamzah dr Fauzan mengucapkan terima kasih atas bantuan APD dan perangkat keaehatan yang diserahkan Kadin Babel tersebut.

"Problem utama para dokter dan oara medis lainnya adalah minimnya alat pelindung diri ketika melayani PDP mau pun yang positif terinfeksi Corona. Dengan bantuan OPD ini tentu meningkatkan spirit dan mental pelayanan karena merasa lebih safety, terindungi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang Masagus Hakim juga memberikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Kadin Babel melalui program "Kadin Peduli" tersebut.

"Gotong royong semacam ini sangat mengharukan kami dan bertepatan dengan rencana kami menambah ruang isolasi bagi pasien Covid-19," kata Masagus.

Penyerahan bantuan APD dari semua kabupaten akan diserahkan oleh masing-masing pimpinan Kadin Kabupaten dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020