Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyerahkan bantuan kepada Gabungan Kelompok Tani Permata Jaya di Desa Airbelo Muntok sebagai upaya meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan petani di daerah itu.

"Kami serahkan bantuan sarana pemasaran berupa satu unit sepeda motor roda tiga yang diharapkan bisa sebagai sarana angkut hasil pertanian masyarakat, ini merupakan keseriusan pemkab dalam meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Bangka Barat Indra Cahaya di Muntok, Kamis.

Selain bantuan motor, kata dia, Pemkab juga menyalurkan 20 unit tenda kepada gapoktan tersebut yang diserahkan langsung oleh Bupati Bangka barat Zuhri M Syazali dan diterima ketua Gapoktan Permata Jaya Sami'un.

Ia mengatakan, bantuan kepada kelompok tani tersebut diharapkan akan memotivasi petani di daerah itu untuk lebih serius menggeluti bidang pertanian, khususnya pertanian pangan agar mampu menurunkan ketergantungan pasokan dari daerah lain.

"Kami berharap mereka semakin bersemangat mengolah lahannya menjadi lebih produktif, dan melalui bantuan ini mampu memudahkan pemasaran produksi pertaniannya," kata dia.

Kepala Seksi Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Pertanian Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat Dede Ganda mengatakan bantuan diberikan untuk memberikan kemudahan mobilisasi bagi petani untuk mengangkut hasil pertanian.

"Kami juga berharap bantuan ini mampu memfasilitasi petani dalam hal pemasaran, misalnya petani akan menjual produksinya kami sediakan tendanya," kata dia.

Ia menerangkan, bantuan tersebut bersumber dari APBN TP yang dikelola langsung Pemprov Babel.

Ia berharap melalui bantuan tersebut dapat memberikan kemudahan akses mobilisasi pemasaran hasil pertanian dan memotivasi petani meningkatkan produksi pertanian dengan hasil akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap ke depan pola bantuan langsung seperti ini akan berlanjut sehingga tumbuh kelompok tani yang lebih produktif," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014