Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan sebanyak 140 ribu bibit ikan air tawar dari berbagai jenis kepada masyarakat.

"Ratusan ribu bibit ikan dari berbagai jenis ini kami salurkan kepada para pembudidaya yang tersebar pada seluruh kecamatan," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi di Toboali, Jumat.

Ia menjelaskan, penyaluran bibit ikan air tawar jenis nila, lele dan ikan patin ini untuk memenuhi kebutuhan ikan air tawar masyarakat lokal.

"Selain itu juga untuk menggairahkan semangat para pembudidaya ikan air tawar untuk mengembangkan usahanya," ujarnya.

Ia menjelaskan, usaha perikanan budi daya di Bangka Selatan dalam beberapa tahun belakangan mengalami kemajuan cukup pesat karena tingginya permintaan masyarakat.

"Sekarang ini konsumsi ikan air tawar masyarakat Bangka Selatan sudah tinggi, maka harus diimbangi dengan produksinya," ujarnya.

Ia menjelaskan, para pembudidaya ikan air tawar di daerah itu terus mendapatkan pembinaan dari pemerintah daerah melalui penyuluh perikanan.

"Pemerintah daerah terus mendorong peningkatan produksi ikan air tawar karena memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus jika terus ditekuni," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020