Organisasi masyarakat, Milenial Bangka Tengah Keadilan (MBK), memanfaatkan beras lokal yang diproduksi para petani Desa Naman untuk menjalankan program bantuan sosial kepada warga lanjut usia (lansia).

"Kita ada program bantuan sosial yaitu penyaluran sembako kepada para lanjut usia, kita memanfaatkan dan membeli beras lokal saja untuk dibagikan kepada lansia," kata Ketua MBK Bangka Tengah, Babel, Dairi Dodoi, di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan beras lokal yang diproduksi para petani sawah di Desa Namang memiliki kualitas cukup bagus dan tidak kalah dengan kualitas beras dari luar.

"Setelah kami lihat bentuk fisiknya, kualitasnya bagus dan kita memanfaatkan beras tersebut untuk menjalan program bantuan sosial ini," ujarnya.

Keputusan pihaknya itu, kata dia, akan memiliki dampak lebih luas yaitu tidak hanya membantu para lansia tetapi para petani juga terbantu dan para pedagang toko sembako skala kecil di Namang juga terbantu perekonomiannya.

"Paket sembako yang kami bagikan kepada para lanjut usia ini selain membantu perekonomian mereka yang terdampak COVID-19, juga persiapan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Seorang tokoh masyarakat Namang yang juga pembina para petani dan UKM di daerah itu, Zaiwan, menyatakan kesiapan membantu para pemuda yang tergabung dalam MBK untuk melaksanakan program dengan lancar.

"Ini kegiatan sosial dan menjadi amal ibadah, apalagi dalam Bulan Suci Ramadhan. Tentu kami siap membantu menyediakan barang kebutuhan pokok yang diminta MBK," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020