Jakarta (ANTARA Babel) - Badan Narkotika Nasional (BNN) berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan, dan instansi lain terkait ditemukannya zat baru dalam pemeriksaan kasus narkoba artis Raffi Ahmad dan sembilan orang rekannya.

"Sekarang sedang dilakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, BPOM dan ini memang turunan dari kimia memang mudah sekali dipecah unsur-unsurnya dan itu akan dijelaskan kepala laboratorium," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di Jakarta, Selasa.

BNN belum menetapkan tersangka, dan ada lima orang yang dinyatakan positif mengggunakan narkotika dan dua positif menggunakan zat baru yang secara kimia disebut sebagai 3,4 Methylene Dioxy Methacathinone, katanya.

"Sampai saat ini yang positif seperti itu tadi, itu bukan narkoba jenis baru, tapi zat baru. Dan masih dikoordinasikan dengan instansi terkait, karena mereka yang lebih berkompeten," kata Sumirat.

BNN hari Selasa siang telah memulangkan tujuh orang yakni pasangan suami istri artis Irwansyah dan Zaskia Sungkar, kemudian lima orang lainnya yakni Furqi, Roni Wijaya, Mira, Muhammad, dan Nafi. BNN juga menyerahkan surat kepada masing-masing pihak yang dipulangkan.

"Jadi karena hasil pemeriksaan tim penyidik BNN kesimpulanya bahwa tujuh orang ini tidak cukup bukti untuk dilakukan penanganan atau ditingkatkan ke proses penyidikan. Oleh karena itu kami menyimpulkan kepada mereka kita segera kembalikan ke keluarganya masing-masing," kata Sumirat.

Sebanyak 17 orang diamankan BNN dari rumah artis Raffi Ahmad, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Minggu (27/1) sekitar 04.30 WIB.

Artis Wanda Hamidah termasuk yang diamankan oleh BNN sebanyak 17 orang, dimana empat artis termasuk dia. Sementara tiga artis lain yakni Raffi Ahmad, Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

(S035)

Pewarta:

Editor : Ida


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013