Aktivitas di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tampak lengang dari pemudik dikarenakan tidak adanya kapal angkutan penumpang yang beroperasi di pelabuhan itu.

"Terminal penumpang tidak ada aktivitas, kondisinya lengang tidak seperti tahun-tahun kemarin saat jelang lebaran," kata General Manager PT Pelindo II Cabang Tanjung Pandan, Yossianis Marciano di Tanjung Pandan, Rabu.

Baca juga: Sekda Belitung imbau ASN masuk kerja setelah libur Lebaran

Baca juga: KSOP Tanjung Pandan pastikan kapal angkutan penumpang tidak beroperasi

Menurut dia, pihaknya belum bisa memastikan kapan terminal penumpang di pelabuhan tersebut dapat beroperasi kembali untuk melayani penumpang.

"Jadi belum ada aktivitas, kalau untuk rencana beroperasi pasti ada, cuma waktunya kami masih belum tetapkan sambil menunggu kesiapan-kesiapan termasuk dari pihak operator," ujarnya.

Yossi menambahkan, jika terminal penumpang tersebut kembali beroperasi dipastikan kan tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Baca juga: DLH Belitung antisipasi penumpukan sampah saat Lebaran 2020

Baca juga: Pemkab Belitung Timur hapus 11 item pengerjaan proyek fisik

"Tetapi untuk sekarang menjelang beberapa hari jelang Lebaran kami pastikan tidak ada aktivitas penumpang," katanya.

Sementara itu, Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Iswandi mengatakan kapal angkutan penumpang di pelabuhan itu tidak ada beroperasi sehingga dapat dipastikan tidak ada arus mudik di pelabuhan tersebut, sedangkan pelabuhan lainnya di daerah itu hanya diperuntukan untuk melayani angkutan logistik atau kendaraan saja.

"Kalau di pelabuhan Tanjung Ru hanya kapal Ro-Ro dan kapal ASDP cuma mereka tidak mengangkut penumpang hanya membawa logistik kalau adapun yang berangkat itu hanya urusan kedinasan seperti TNI/Polri dan ASN," katanya.
 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020