Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan upaya revitalisasi kehidupan dalam menyikapi penerapan tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19.

"Belitung Timur memang zona hijau, namun tugas berat kita tetap mempertahankannya dan penerapan 'new normal' (normal baru) bukanlah serta merta harus melakukan kajian secara cermat," ujarnya di Manggar, Rabu.

Ia menjelaskan revitalisasi kehidupan upaya untuk menggiatkan kembali sektor-sektor vital yang terdampak COVID-19.

"Prasayaratnya yakni prakondisi berupa kajian untuk mengetahui kondisi saat penjadwalan dalam menjalankan tatanan kenormalan baru, prioritas, koordinasi pusat dan daerah, dan monev (monitor evaluasi)," ujarnya.

Ia mengatakan prakondisinya harus dimatangkan dan tahapan demi tahapan harus dipenuhi. Semua itu segera dilakukan untuk dibahas, termasuk sektor-sektornya.

"Masyarakat juga harus benar-benar siap dalam melaksanakan tata kehidupan baru, sehingga masyarakat tetap produktif dan aman dari COVID- 19," ujarnya.

Ia mengatakan Belitung Timur hingga sekarang masih berada dalam zona hijau penyebaran COVID-19 dan ditetapkan satu dari 101 daerah yang diperbolehkan menerapkan kebijakan normal baru.

"Namun demikian, banyak yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan tatanan kehidupan baru di tengah COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020