Koba, (Antara Babel) - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, siap menerima keputusan moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil.

"Sampai sekarang kami belum mendapat surat edaran resmi terkait moratorium, namun kami siap melaksanakan jika itu sudah menjadi keputusan," kata Kepala Bidang Pengembangan pada BKD Bangka Tengah, Amrullah di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan keputusan pemerintah melakukan moratorium CPNS sebenarnya tidak menguntungkan bagi daerah karena sampai sekarang masih terdapat kekurangan ribuan PNS.

"Jumlah PNS Bangka Tengah saat ini tercatat sebanyak 3.097 orang, kami masih kekurangan ribuan PNS," ujarnya.

Ia berharap, jika harus dilakukan moratorium maka tidak diberlakukan untuk semua formasi tetapi hanya formasi tertentu saja.

"Dulu pernah dilakukan moratorium pada 2012, tetapi hanya untuk formasi tertentu saja. Artinya penerimaan CPNS tetap dibuka tetapi untuk formasi tertentu," ujarnya.

Ia mengatakan, setiap tahun Pemkab Bangka Tengah selalu mengajukan formasi lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan PNS di daerah itu namun hanya sedikit yang disetujui.

"Misalnya kami mengajukan kebutuhan 500 orang, maka hanya setengah saja yang disetujui Menpan dan bahkan jauh di bawah itu," ujarnya.

Menurut dia, butuh beberapa tahun lagi untuk memenuhi kebutuhan PNS di Pemkab Bangka Tengah dan itu semua tergantung dengan penerimaan CPNS.

"Makanya pemerintah daerah melakukan pengangkatan pegawai honor yang ditempatkan di sejumlah instansi untuk menutupi kekurangan aparatur negara," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014